Popular Post

Posted by : Queen Falin Sunday, May 15, 2016

Sebanyak 64 calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tertipu perusahaan jasa travel online. Upaya mereka untuk pulang ke kampung halaman saat libur Natal dan tahun baru 2016 urung terlaksana. 

Situasi tersebut baru mereka sadari Kamis (24/12), sekira pukul 22.30 WIB. Para korban yang merupakan satu rombongan itu mulai gaduh dan saling menyalahkan di Terminal I, Soetta.
Salah seorang korban bernama Asril mengatakan kepada polisi bahwa mereka adalah rombongan peserta seminar di Bandung. Usai ikut seminar, mereka hendak pulang ke kampung masing-masing dengan memesan tiket pesawat via Travel Afarah. Pemesanan dilakukan lewat fasilitas Blackberry Messanger (BBM).
"Kami memesan tiket pada seseorang yang mengaku dari Travel Arafah via BBM, uang sudah ditransfer, tapi saat kita ke Bandara orangnya malah tidak datang. Kita sudah dihubungi pihak Travel, tapi nomor ponselnya tidak aktif," ungkapnya, Jumat (25/12/2015).



Humas Polresta Soetta AKP E Sutrisna menjelaskan, Tiket yang dipesan Samsiah terdiri dari 57 tiket tujuan Makassar, 3 tiket ke Jayapura, dan 4 tiket ke Kendari. Seluruh tiket sudah dilunasi melalui ATM saat di Bandung. Hanya saja, mereka tak mendapatkan kejelasan penerbangan hingga pukul 19.00 WIB.

"Dari sana mereka mulai resah, sehingga perwakilan rombongan Samsiah, Asril, dan Aryandi mendatangi Polres Bandara. Mereka hanya menyampaikan apa yang terjadi. Namun, belum membuat laporan resmi," ujar Sutrisna.
Atas kejadian ini, rombongan tersebut terlebih dahulu akan bermalam di salah satu rumah anggota rombongan, di daerah Kutabumi Elok, Kabupaten Tangerang.

"Meski puluhan korban tersebut tidak membuat laporan resmi, Kapolres Bandara Soekanro Hatta AKBP Roycke Harry Langie memerintahkan Kasat Reskrim untuk melidik intensif kasus penipuan tiket online tersebut. Sebab sudah merugikan dan meresahkan masyarakat," kata Sutrisna.
Kerugian atas tindakan penipuan tersebut ditaksir mencapai Rp30 juta. Kepolisian pun menghimbau agar warga atau calon penumpang lebih berhati-hati atas pemesanan tiket melalui online.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

© Belajar Bersama